Thursday, November 9, 2017

Single itu Bebas bukan Boros, Yuk Jadi Single yang Cerdas….!!!


Segala hal yang berbau ‘Relationship’ memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Apalagi untuk kita yang masih menjalani kesendirian alias Single. Entah alasan belum menemukan yang cocok, lebih betah sendiri atau karena memang ingin serius belajar. Sedihnya sering kali Single jadi bahan bully-an oleh kawan-kawan yang sudah memiliki pasangan. Memang sih tidak ada yang bisa menjamin jika memiliki pasangan sudah tentu bisa merasakan bahagia karena faktanya banyak juga toh yang menderita dalam suatu hubungan.

Alasan apapun yang diambil oleh kita sebagai single tentunya bagian dari keputusan yang kita yakini dan percaya bahwa kita bisa bahagia dengan cara kita. Seperti bahagia memiliki waktu lebih untuk bersama keluarga, bisa lebih lama menikmati nongkrong bersama teman-teman dan juga bisa lebih menggeluti hobi dengan lebih serius.

Sayangnya banyak juga yang terbuai karena terlalu nyaman dalam kesendirian seperti lupa untuk mencari pasangan hidup sampai tidak menyiapkan tabungan dari gajian bulanan yang hampir selalu saja habis bahkan sebelum akhir bulan dompet sudah kering tak bersisa. Memang sah-sah saja dan tidak ada juga yang menyalahkan tapi bukankah ada baiknya mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari itu lebih baik ?. contohnya menabung setiap bulan untuk persiapan pernikahan, bisa juga berinvestasi baik dengan emas ataupun dengan property.

Sebetulnya cukup membingungkan sih dengan masalah seperti ini melihat seorang single yang jauh lebih bebas tanpa adanya beban namun untuk urusan manage keuangan ternyata harus mendapat predikat ‘Boros’. Tidak semua single sih punya kebiasaan ini namun umumnya ini sering terjadi dengan kawan-kawan kita bahkan mungkin kita rasakan sendiri.

Disadari atau tidak ternyata boros memang sifat yang nantinya akan merugikan kita bila tidak ditangani dengan baik. Mirisnya banyak dari kita beralasan bahwa hal tersebut adalah untuk kepuasan batin contohnya saja seperti menggeluti hobi yang ternyata malah terlihat berlebihan dalam pengeluaran untuk sekedar memenuhi hobi. Artikel ini bisa jadi referensi kamu single yang bebas untuk terhindar dari sikap boros.

a.   1. Jalanin Hobi itu Asik Banget Tapi Lebih Asik Lagi Hobi yang Menguntungkan

https://images.pexels.com/photos/298298/pexels-photo-298298.jpeg?dl&fit=crop&w=1280&h=853

Kita tentunya memiliki hal ataupun kegiatan yang disukai, seringnya hal itu kita sebut dengan hobi. Ada berbagai macam hobi yang digeluti oleh banyak orang, mulai dari hobi yang sederhana sampai hobi yang memerlukan persiapan dan biaya yang tidak sedikit. Terkadang tidak sedikit juga hobi yang ditekuni sering kali menghasilkan sebuah prestasi bahkan ada yang menjadi sebuah ladang rezeki.

Lain ceritanya jika hobi yang kita jalani ternyata malah membuat kita bersikap kurang bijak dalam mengatur keuangan. Hobi yang kita jalani tidak selalu memiliki nilai investasi di kemudian hari terutama bagi kamu yang masih sendiri sering kali lebih banyak waktu luang untuk lebih mengeksplorasi hobi yang dimiliki. Perhitungkanlah secara baik sebelum menggeluti hobi apalagi untuk kamu yang punya hobi “Mahal”, utamakanlah terlebih dahulu tabungan dan juga investasi jangka panjang. Hobi tetap jalan, rencana masa depan juga dong.

    2. Gak Ada Tanggungan Memang Menyenangkan Tapi Bikin Kita Lupa Daratan

https://images.pexels.com/photos/287240/pexels-photo-287240.jpeg?dl&fit=crop&w=1280&h=959

Banyak hal yang membuat kita semangat untuk mencari rezeki setiap harinya. Entah kebutuhan bulanan, kredit yang belum lunas atau memang tak mau dibilang pengangguran. Faktanya banyak dari kita juga bekerja karena adanya tanggungan yang sudah menjadi sebuah kewajiban bagi diri kita.

Walaupun begitu tanggungan yang kita miliki ternyata memberikan kita kesadaran untuk mengatur keuangan dengan baik. Berbeda dengan kawan-kawan kita yang masih terbebas dari sebuah tanggungan ditambah lagi masih dalam keadaan single, cenderung mereka lebih santai dalam mengatur keuangan yang sering kali lupa untuk mempersiapkan segala sesuatu yang ada di depan nantinya. Sehingga tidak sedikit juga curahan hati penyesalan karena kurang mempersiapkan saat masih lajang bukanlah hal yang baru.

    3. Gaya Hidup Jangan Sampai Lebih Tinggi Dari Gaji

https://images.pexels.com/photos/285171/pexels-photo-285171.jpeg?dl&fit=crop&w=1280&h=853

Gaya hidup saat ini memang sudah banyak berubah tentunya perubahan ini juga dipengaruhi oleh keadaan. Baik keadaan ekonomi maupun keadaan lingkungan di sekitar kita, sayangnya sering kali beberapa kawan kita mencoba untuk mengikuti gaya hidup yang sebetulnya melebihi kebutuhan dirinya. Sehingga terkadang kita sebagai teman baiknya harus menerima keluhan “Aduh Gaji gue kok udah abis aja sih padahal baru kemarin gajian”.

Miris sebetulnya jika melihat salah satu teman kita mengalami keadaan dimana dia lebih mengutamakan gaya hidup nya dibandingkan dengan kebutuhan yang lebih utama. Cukup mudah sebetulnya untuk mengubah pandangan gaya hidup kita, prioritaskan saja apa yang menjadi kebutuhan dalam hidup kita. Bila ternyata semua kebutuhan sudah terpenuhi jangan lupa juga apakah kita punya tanggungan ataupun hutang yang perlu dibayar.

    4. Single lalu Tinggal Bareng Orang Tua? Nikmat….!!!

https://images.pexels.com/photos/46252/family-kids-happy-people-46252.jpeg?dl&fit=crop&w=640&h=502

Tidak sedikit dari kita yang mungkin berstatus single namun masih nyaman tinggal bersama dengan orang tua. Mulai dari alasan tempat tinggal dekat dengan kantor bekerja atau memang lebih hemat, tergantung bagaimana alasan itu berasal. Sayangnya kenyamanan tinggal bersama orang tua sering kali membuat banyak dari kita terlena.

Karena orang tua tentunya ingin anaknya merasa nyaman ketika di rumah, tentunya semua kebutuhan diusahakan agar terpenuhi. Sebetulnya hal ini sah-sah saja jika kita cukup bijak dalam menyikapinya, seperti tidak terlalu bergantung pada orang tua, membantu pekerjaan rumah dan memberikan setidaknya sebagian hasil jerih payah kita pada orang tua.


Kita memang tidak pernah tahu kapan kita dipertemukan dengan pasangan hidup kita, namun selama masa pencarian bukankah lebih baik kita menjadikan diri kita lebih baik untuk menyempurnakan pasangan hidup kita ?.

#CeritaKita #Artikel #Single #Boros #Hidup #Cewek #Cowok #Realita #Masalah #Problem #Suka #Duka #Cerdas #Bebas #Hemat #Bijak #Muda #GayaHidup #Bahagia #Sedih #Hobi 

No comments:

Post a Comment